$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$label=0$hide=post

Terinspirasi Umar.r.a, Pelopor “Keluarga Anti Korupsi”



Bagi Almuzzammil Yusuf, keberadaannya sebagai anggota DPR adalah amanah dakwah dari partai dan masyarakat di Lampung untuk memperjuangkan cita-cita dan idealisme dengan kerja keras dan pengorbanan. Konsistensinya dalam menolak suap di DPR dan mendukung pemberantasan korupsi telah membuatnya diamanahkan kembali oleh FPKS untuk yang kedua kalinya sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI yang membidangi masalah keamanan, hukum, dan HAM. 

Politisi PKS yang biasa dipanggil Jamil atau Muzzammil ini dikenal vokal dalam pemberantasan korupsi dan bersih karena sering menolak uang suap baik diberikan oleh rekan sejawatnya, mitra kerja komisi, atau dari orang yang pernah ia bantu penyelesaian kasusnya. Banyak kasus yang pernah ia tangani di beberapa daerah mulai dari kasus kecil hingga besar tanpa menerima bayaran sepeserpun. “Saya sudah digajih negara. Saya hanya menerima uang resmi yang diberikan oleh negara kepada anggota DPR/MPR dengan kwitansi resmi yang saya tandatangani.” tegasnya.

Muzzammil juga sampai saat ini mengaku tidak menerima uang kunker atau rapat yang bukan haknya. Jika rapat atau kunjungan kerja ke daerah atau luar negeri direncanakan lima hari tapi realisasinya tiga hari maka ia hanya akan tanda tangan dan terima honor tiga hari. Menurutnya, sangat mudah bagi media massa untuk mengetahui konsistensi anggota DPR dalam pemberantasan korupsi . Caranya: “Silahkan tanya ke staf sekretariat berbagai komisi di DPR. Mereka tahu siapa yang jujur dan yang tidak jujur.” Ujarnya.

Alumni Ilmu Politik FISIP UI ini menegaskan bahwa pemberantasan korupsi itu harus mulai dari diri sendiri. Jika kita tidak terlibat, menurutnya, maka kita akan berani bersuara lantang melawan korupsi. “Inilah yang saya pahami sebagai integritas. Semuanya harus mulai dari diri kita”. Jelasnya.

Anti Korupsi Berawal dari Keluarga

Menurut politisi kelahiran Tanjung Karang ini, anti korupsi itu hukumnya wajib bagi setiap Muslim yang diperintahkan dalam Alqur’an dan Hadits. Ia terinspirasi kisah Kholifah Umar bin Khottob yang menikahkan anaknya kepada gadis pedagang susu yang tidak mau mencampur susunya dengan air. Umar memilih menantu yang jujur daripada yang kaya raya, terpandang namun tidak jujur. Dari pernikahan itu, kelak lahir cicit Umar bin Khottob yang bernama Umar bin Abdul Aziz yang dikenal sebagai seorang pemimpin yang sukses mensejahterakan rakyat dan sangat ketat dalam memisahkan mana urusan publik dan urusan pribadi. Pernikahan gadis jujur itu menunjukkan Umar bin Khottob adalah pelopor keluarga anti korupsi yang patut diteladani.

Antikorupsi juga adalah janji dan komitmennya kepada istri dan anak-anaknya. “Saya bilang kepada mereka, jika saya tidak berprestasi di DPR minimal saya tidak mengambil uang bukan hak saya.” Doa yang selalu ia baca setelah sholat diantaranya adalah agar dilindungi dari harta yang tidak halal dan bermasalah dalam kasus korupsi. Dengan melakukan hal itu, ia berharap anak-anaknya juga akan hidup dengan cara jujur dan halal. “Saya berdoa agar mereka mendapatkan pasangan hidup suami atau istri yang jujur pula.” Harapnya.

Menggagas RABU ASI (Gerakan Ibu Anti Korupsi)

Dalam pandangan ayah dengan enam anak ini, praktek tindak pidana korupsi tidak akan marak terjadi di Indonesia jika para ibu menanamkan kejujuran dan anti korupsi kepada anak-anaknya di keluarga sejak dini. Muzzammil meyakini bahwa para ibu umumnya punya pengaruh lebih kuat kepada anak-anaknya ketimbang para ayah. Jika para ibu lemah dalam menanamkan nilai kejujuran, hal itu dapat memperlemah sikap antikorupsi pada anak-anaknya di masa depan. 

“Karenanya ibu menjadi sekolah pertama anti korupsi bagi anak-anaknya. Peran itu sangat menentukan kualitas masyarakat dan negara ke depan. Inilah salah satu alasan kenapa ibu disebut sebagai tiang Negara.” paparnya. 

Untuk itu, setiap perayaan "Hari Ibu" dan atau "Hari Kartini", Muzzammil dan istri selalu keliling daerah untuk mengisi materi anti korupsi kepada ibu-ibu majelis taklim. Hal ini ia lakukan juga jika mensosialisasikan empat pilar kebangsaan. Ia selalu menyisipkan nilai kejujuran dan antikorupsi kepada ibu-ibu dan pelajar.

Untuk menguatkan penyebaran nilai-nilai anti korupsi maka menurutnya perlu adanya program "RABU ASI" (Gerakan Ibu Anti Korupsi) yang dilakukan secara masif di Indonesia. Jika gerakan ini menjadi gerakan nasional, Muzzammil optimis tingkat korupsi di Indonesia bisa menurun dan uang negara dapat digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

Untuk itu, Muzzammil berharap partisipasi masyarakat dalam pemberantasan korupsi, terutama para ibu di keluarga ditingkatkan. ”InsyaAlloh, PKS dalam waktu dekat akan meresmikan gerakan ini bekerjasama dengan KPK, LSM anti korupsi, tokoh, pelajar, dan masyarakat yang peduli dengan pemberantasan korupsi di Indonesia.“ Jelasnya.

COMMENTS

Name

Berita,34,Daerah,4,DPR,9,Galeri,11,Hukum,18,Kiprah,39,Konstituen,4,Lampung,1,Mancanegara,7,Media,2,Nasehat,4,Negara,2,Olahraga,3,Pemuda,3,Pictures,12,PKS,9,Politik,2,Profil,1,Rilis,4,Selayang Pandang,1,Twitter,1,Video,14,
ltr
item
ALMUZZAMMIL YUSUF : Terinspirasi Umar.r.a, Pelopor “Keluarga Anti Korupsi”
Terinspirasi Umar.r.a, Pelopor “Keluarga Anti Korupsi”
http://2.bp.blogspot.com/-XOyt_-Uo2Mk/UyosrwVu_vI/AAAAAAAAABg/3SWWcTIDOjs/s1600/6ce8174e82984e94a7a98889b7c17e32_XL.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-XOyt_-Uo2Mk/UyosrwVu_vI/AAAAAAAAABg/3SWWcTIDOjs/s72-c/6ce8174e82984e94a7a98889b7c17e32_XL.jpg
ALMUZZAMMIL YUSUF
http://www.almuzzammilyusuf.com/2012/12/terinspirasi-umarra-pelopor-keluarga.html
http://www.almuzzammilyusuf.com/
http://www.almuzzammilyusuf.com/
http://www.almuzzammilyusuf.com/2012/12/terinspirasi-umarra-pelopor-keluarga.html
true
8659056155022164892
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy